7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Berlibur

Pembatasan berlahan mulai terbuka, dengan tetap menjaga kesehatan, inilah saatnya untuk mengemasi barang bawaan Anda, memesan penerbangan, dan akhirnya pergi. Apakah berlibur antarnegara bagian atau internasional, jatuh sakit dan menghabiskan liburan Anda di kamar hotel dengan perasaan tidak enak (atau lebih buruk lagi di klinik atau rumah sakit) bukanlah pengalaman menggembirakan.

Ada cara untuk melindungi kesehatan Anda saat Anda berlibur di masa pandemi ini, dan seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Karena berlibur telah menjadi kesempatan yang hampir unik di masa pandemik COVID-19, Saat Anda sibuk merencanakan, ingatlah tips dan trik ini yang dapat membantu melindungi kesehatan Anda saat berlibur.

1. Jangan lupa masker dan sanitisernya

Meskipun sudah banyak orang mendapatkan vaksinasi, Anda tetap harus menjaga kesehetan dan berhati-hati. Bahkan orang yang sudah divaksinasi dapat menularkan virus COVID-19 tanpa disadari. Sebagian besar tempat perkantoran dan bisnis mewajibkan penggunaan masker juga. agar lebih aman, pertimbangkan untuk menggunakan masker ganda — mengenakan masker kain di atas masker medis Anda. Selain mengurangi paparan Anda terhadap COVID-19, itu juga meminimalkan kemungkinan terpapar jenis virus atau bakteri lain, yang mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda.

2. Bawa vitamin bersama Anda

Meskipun berlibur adalah hal yang menyenangkan, tetapi bisa membuat tubuh Anda stres. Perubahan iklim, tingkat tekanan, dan bahkan zona waktu yang berbeda – ini semua pemicu utama melemahakan sistem kekebalan Anda. Jadi tidak heran mengapa beberapa orang merasa sakit setelah penerbangan jarak jauh atau perjalanan berjam-jam.

Terkadang, tubuh Anda tidak memiliki energi untuk menyesuaikan diri atau pulih dengan cepat. Jadi tetap menjaga kesehatan dengan beri sedikit bantuan pada sistem kekebalan Anda, dengan bawalah vitamin yang biasanya Anda tambahkan untuk menopang tubuh Anda dan merasa sehat selama liburan Anda.

3. Tidur Cukup

Penting untuk diingat bahwa cukup tidur adalah jaminan kesehatan yang baik. Ada beberapa cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik saat berlibur, dan Anda harus mencobanya untuk membantu mengurangi stres di lingkungan baru.

4. Banyak Minum

Kami sudah mengatakannya berkali-kali, tetapi kami akan mengatakannya lagi — kurangi stres perjalanan. Stres dapat menyebabkan dehidrasi, sedangkan dehidrasi dapat menyebabkan stres. Untuk memutus siklus, sangat penting bagi Anda untuk minum cukup air.

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu di luar, yang mungkin Anda lakukan, bawa saja botol kecil. Beberapa kota bahkan memiliki stasiun air di sepanjang jalan, jadi tidak perlu membeli banyak botol plastik. Cukup isi ulang botol yang sudah Anda miliki.

5. Hati-hati dengan apa yang Anda makan

Salah satu cara terbaik untuk belajar tentang budaya dan sejarah suatu tempat adalah melalui makanannya. Dan saat Anda bepergian, biasanya tidak mungkin untuk tidak mencoba beberapa masakan lokal. Makanannya tidak hanya mencerminkan sejarah tempat itu, tetapi juga kekayaannya, nilai-nilai agamanya, dan bahkan menceritakan banyak hal tentang lokasi geografisnya.

Meskipun tarif lokal mungkin terlihat menarik, kurangi risiko Anda jika Anda memiliki perut sensitif. Misalnya, jika Anda menderita alergi, selalu tanyakan bahan-bahan dalam makanan Anda, meskipun tertulis di menu. Terkadang, bahan-bahan tertentu digunakan selama proses memasak, tetapi tidak ditulis karena jumlahnya yang sedikit.

6. Tetap aktif

Meskipun berbaring di pantai sepanjang hari terdengar sangat menarik, lakukan beberapa gerakan ke dalam jadwal liburan Anda. Itu tidak berarti Anda harus melakukan latihan intensitas tinggi setiap pagi (Anda bisa melakukannya jika Anda mau), tetapi dengan menjaga kesehatan dengan cukup berjalan-jalan di sepanjang pantai atau jalan-jalan i sekitar lingkungan anda dapat sangat bermanfaat. Gerakan mengaktifkan sirkulasi darah Anda, yang mempercepat proses pemulihan stres.

7. Lindungi kulit Anda (dan mata)

Meskipun pentingnya menggunakan tabir surya diketahui, mudah untuk melupakan cara yang tepat untuk melindungi kulit Anda saat Anda sibuk bersenang-senang. Jangan lupa untuk mengoleskan kembali tabir surya Anda ,karena hanya berfungsi untuk jangka waktu tertentu (biasanya sekitar dua jam).

Cara lain untuk melindungi diri Anda dari sinar matahari saat Anda bepergian adalah dengan topi matahari atau bahkan topi.