Ingin tahu apakah rumah dari container cocok untuk Anda? Rumah yang dibangun dari container bekas maupun baru adalah tren yang sedang meningkat di seluruh negeri! Baik Anda mempertimbangkan untuk membuat rumah mungil atau menumpuk kontainer untuk menghemat uang dari bahan bangunan, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang Rumah dari Container!

Apa itu Rumah Container?

Rumah Container adalah rumah yang dibangun dari kotak baja besar yang secara tradisional digunakan untuk pengiriman antarmoda. arsitektur, pembangun, dan pembuat DIY telah mulai mengubah kontainer menjadi rumah dan kabin yang ramah lingkungan.

Rumah-rumah ini biasanya sempit dan persegi panjang, kecuali beberapa kontainer dilas bersama. Banyak yang berkonsep terbuka, meskipun beberapa memiliki lorong-lorong sempit dan ruangan-ruangan terpisah. Seiring berjalannya waktu, mereka terus menjadi semakin popular.

Rumah container sedang populer saat ini, mereka telah menjadi bagian dari beberapa gerakan desain sepanjang sejarah. Sebelum digunakan untuk rumah, container bekas maupun baru digunakan untuk sekolah, gedung perkantoran, kolam renang, rumah kaca, dan etalase di seluruh dunia.

Kemudian, pada pertengahan tahun 2000-an, container bekas maupun baru mulai digunakan kembali oleh arsitek untuk dijadikan rumah.

Apa Saja Jenis Container Bekas Maupun Baru yang Tersedia?

Sebelum Anda mendesain rumah container Anda, penting untuk memahami berbagai jenis container. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi Anda harus memilih gaya mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Container Standar atau Dry Container

Container standar biasanya dibuat dalam tiga ukuran berbeda yakni : 8×10 feet, 8×20 feet, atau 8×40 feet. Kontainer standar ini tingginya 8,6 feet. Karena kontainer standar dibuat agar muat di kereta, mereka relatif kompak. Kontainer terkecil memiliki ruang hidup kurang dari 100 feet persegi, tetapi kontainer dapat ditumpuk atau ditempatkan berdampingan untuk memberikan lebih banyak ruang juga.

High Cube

Container High Cube hampir sama dengan Container standar, tetapi tingginya lebih 1 feet. Banyak pemilik rumah mengatakan ketinggian ekstra sangat membantu saat membangun rumah container, terutama dalam hal isolasi rumah. Yang penting untuk diketahui adalah bahwa kontainer high cube harganya sekitar 50% lebih mahal daripada kontainer standar.

Refrigerated

Refrigerated container sering disebut sebagai reefer kontainer. Mereka secara tradisional digunakan untuk mengangkut produk makanan seperti susu, daging, dan hasil bumi. Salah satu keuntungan menggunakan reefer container untuk rumah Anda adalah sudah terisolasi, tidak seperti high cube dan container standar. Namun, ada tantangan lain terkait dengan reefer container ini seperti biaya, pemeliharaan sistem pendingin, dan lantai yang unik.

Berapa Biaya Pembuatan Rumah Container?

Biaya rumah kontainer kargo Anda akan tergantung pada ukuran, skala, kondisi, dan fasilitasnya. Biasanya, biaya rumah peti kemas kecil berkisar antara $10.000 dan $35.000, sedangkan rumah peti kemas yang lebih besar dengan fasilitas yang lebih modern dapat berkisar antara $100.000 hingga $175.000. (Perlu diingat bahwa angka-angka ini tidak termasuk pembelian dan persiapan properti tempat Anda akan menempatkan rumah kontainer Anda.)

Container sendiri umumnya berharga mulai dari $ 1.400 hingga $ 6.000, dengan kontainer baru atau kontainer yang lebih besar lebih mahal daripada kontainer daur ulang atau lebih kecil.

Dalam banyak kasus, rumah kontainer prefab adalah pilihan yang lebih terjangkau bagi pembeli rumah, karena harga telah ditetapkan oleh produsen, dan rumah biasanya menyertakan fasilitas bawaan. Rumah kontainer yang dibuat khusus, di sisi lain, bisa lebih mahal karena bahan, tenaga kerja, dan penyesuaian desain.

Cara Membangun Rumah Container

Siap membangun rumah kontainer Anda? Apakah Anda telah memilih untuk membeli rumah kontainer prefab, DIY milik Anda sendiri, atau menyewa kontraktor, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan selama proses pembangunan.

Pilih Lokasi untuk Rumah Anda

Langkah pertama dalam membangun Rumah Container baru Anda adalah memilih lokasi! Hampir setiap negara bagian mengizinkan rumah dari container, tetapi ada baiknya untuk memeriksa peraturan kota dan negara bagian sebelum Anda memulai prosesnya.

Di mana pun Anda memutuskan untuk membangunnya, Anda harus membeli sebidang tanah. Luas lahan yang dibutuhkan tergantung dari seberapa besar rumah kontainer yang akan Anda bangun. Setelah Anda tahu di mana Anda akan meletakkan rumah kontainer Anda, saatnya untuk menangani sisa proses pembangunan.

Dapatkan Izin Rumah Container

Setiap negara bagian memiliki aturan dan peraturan yang berbeda untuk rumah kontainer, jadi sebelum Anda mulai membangun rumah minimalis baru Anda, pastikan Anda mendapatkan izin yang diperlukan! Anda akan ingin memeriksa kode bangunan dan peraturan zonasi dan pembatasan untuk menghindari masalah di masa depan.

Beli Container Bekas atau Baru?

Ada sejumlah tempat untuk membeli container bekas maupun baru. Anda juga dapat membeli rumah prefab dari perusahaan seperti Tradecorp, Container Homes USA, Custom Container Living, dan lain sebagainya. Ingatlah untuk memeriksa kualitas kontainer yang Anda beli, terutama jika itu digunakan sehingga Anda sepenuhnya mengetahui perbaikan yang diperlukan!

Rencanakan Rumah Container Anda

Mungkin salah satu bagian paling menarik dari membangun rumah Anda adalah merancang denah lantai container! Anda harus memutuskan berapa banyak kontainer yang Anda perlukan untuk mencapai desain Anda. Jumlah kontainer akan tergantung pada jumlah kamar tidur yang Anda inginkan atau ukuran ruang hidup yang Anda butuhkan.

Putuskan untuk DIY atau Sewa Kontraktor

Apakah Anda berencana untuk menangani proyek container bekas maupun baru DIY raksasa, atau akankah Anda menyewa kontraktor? Tergantung pada tingkat keahlian Anda dan fasilitas yang diinginkan, Anda dapat menemukan banyak tutorial DIY online.

Tetapi jika Anda ingin bantuan untuk membangun rumah Anda, Anda juga dapat menemukan kontraktor yang berpengalaman dalam konstruksi dan desain Rumah Container. Pastikan untuk mempertimbangkan biaya kontraktor sebagai bagian dari anggaran Anda jika Anda mengambil jalan itu.

Siapkan Tanah untuk Rumah Anda

Pastikan Anda mempersiapkan lahan dengan baik sebelum menuangkan atau meletakkan fondasi dan memasang container bekas maupun baru menjadi rumah! Ini dapat seputar meratakan tanah hingga benar-benar memasang utilitas yang Anda inginkan di rumah Anda seperti air, gas, atau listrik.

Pilih Pondasi untuk Rumah Kontainer

Anda perlu memilih salah satu dari empat jenis fondasi utama untuk rumah container Anda. Pondasi dermaga adalah pondasi kontainer yang relatif murah (dan cepat dibangun) yang terbuat dari balok beton, atau pilar.

Pondasi tiang terbuat dari tabung baja silinder yang dipalu ke tanah dan ditutup dengan balok beton. Pilihan lain adalah fondasi pelat, yaitu ketika pelat beton dituangkan di bawah kontainer bekas maupun baru Anda untuk memberikan dasar yang kokoh untuk rumah Anda.

Kombinasi pondasi pier dan slab, pondasi strip menggunakan strip beton yang dituangkan untuk menopang kontainer di sekelilingnya. Setelah pondasi Anda terpasang, Anda dapat memasang container Anda!

Tambahkan Atap Kontainer

Meskipun secara teknis Anda tidak perlu memasang atap di rumah container Anda karena sudah memilikinya, sebagian besar arsitek menyarankan Anda melakukannya. Ada empat gaya atap umum untuk dipilih.

Atap bernuansa tradisional biasanya paling baik untuk tempat dengan iklim yang bervariasi, terutama jika ada banyak hujan atau salju. Atap datar adalah jenis yang paling sederhana, tercepat untuk dipasang, dan paling murah, tetapi seringkali lebih mahal untuk dirawat.

Atap hijau, atau atap hidup, melibatkan penanaman tanaman dan tanaman hijau di atas rumah kontainer Anda, yang memberikan pendinginan dan isolasi alami. Atau Anda bisa menambahkan atap teras untuk menambah ruang hidup Anda dengan meletakkan teras atau dek di atas rumah kontainer Anda.

Itulah hal-hal penting yang perlu Anda ketahui jika tertarik dengan kontainer yang akan dijadikan tempat tinggal minimalis Anda.