Yogyakarta atau lebih dikenal sebagai Jogja menghasilkan pendapatan sebesar 9,3 miliar dari pariwisata di tahun 2018. Menariknya, bagian terbesar dari pendapatan ini adalah dari turis lokal.

Lamar Divina tertarik untuk membahas provinsi istimewa Indonesia ini. Istimewa karena diperintah oleh monarki yang diakui berkat kontribusinya yang signifikan bagi Republik Indonesia.

Yogyakarta sebenarnya adalah ibu kota Indonesia dari tahun 1946 hingga 1948, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau. Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, yang merupakan 2 provinsi dari 34 provinsi, memiliki pendekatan tiga cabang untuk pariwisata. Fokus wisata mereka adalah alam, atraksi super buatan dan banyak budaya lintas sektor.

Berikut Wisata Populer Di Yogyakarta

Borobudur

Borobudur adalah objek wisata paling terkenal di sekitar Yogyakarta, salah satu situs candi terbaik di Asia Tenggara seperti Angkor Wat di Kamboja, dan juga Bagan di Myanmar. Borobudur adalah candi tunggal, dan sangat besar. Bahkan, itu dianggap sebagai monumen Buddha terbesar di Bumi, piramida raksasa dengan 9 tingkat, 2.672 panel berukir, dan 504 patung Buddha. Untuk memberikan gambaran, di tingkat atas, ada 72 stupa berbentuk lonceng, masing-masing berisikan patung Buddha.

Prambanan

Candi lain yang menakjubkan dan salah satu yang diyakini oleh banyak orang bahkan lebih indah dari Borobudur adalah Candi Prambanan. Candi ini juga merupakan situs warisan dunia UNESCO, kompleks candi Hindu yang didedikasikan untuk Dewa Siwa.

Jika Borobudur terkenal dengan ukurannya yang tipis, candi Prambanan terkenal karena tinggi dan dekorasinya yang rumit – bangunan tertingginya mencapai 47 meter! Tiga candi terbesar didedikasikan untuk dewa utama Hindu, Siwa, Wisnu, dan Brahma, dan dihiasi dengan adegan-adegan dari Ramayana.

 Peragaan Balet Ramayana

Setelah mengunjungi Prambanan, mampirlah ke Ramayana Ballet setiap malam, di mana Anda akan memiliki kesempatan untuk melihat para penari memerankan kembali adegan Ramayana yang telah Anda lihat di candi-candinya.

Ini adalah pengalaman yang tak terlupakan, Anda akan memiliki semua kuil yang menyala, dan tepat di depan, Anda akan melihat penari terampil yang cantik dengan kostum warna-warni yang menghidupkan kisah-kisah kuno ini. Menikmati pertunjukan balet Ramayana ini benar-benar salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Yogyakarta, Indonesia.

Bikin batik sendiri di Museum Batik

Batik adalah tekstil paling otentik dan favorit di pulau Jawa dan di Indonesia pada umumnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang seni batik kuno, silakan kunjungi Museum Batik yang dibangun pada tanggal 12 Mei 1977, atas usaha rumah tangga milik Hadi Nugroho.