Objek Wisata Terbaik

Objek wisata terbaik di kaki lembah jalur air yang kaya, membentang melalui kota kecil Tampaksiring di sebelah timur Ubud , terdapat salah satu bangunan cagar alam kuno terbesar di Bali yaitu Candi Gunung Kawi. Berisi kumpulan relief ‘Candi’ atau Tempat Suci kuno , salah satu situs arkeologi unik yang paling menakjubkan, selain menjadi tempat suci yang tak terhindarkan bagi masyarakat Bali.

Di atas Gunung Kawi

Pura Gunung Kawi, awalnya disebut sebagai Pura Gunung Kawi, adalah situs arkeologi yang unik di Bali. Kuil ini terdiri dari pilihan candi kuno yang diukir di muka gunung berbatu. ‘Sungai Pakerisan’ yang suci mengalir melalui situs utama candi. Sungai juga mengalir melewati ‘Candi Tirta Empul’ yang berada satu kilometer di atas candi induk. Halaman utama candi ‘Gunung Kawi’ di sebelah sungai menunjukkan candi Hindu kuno dalam arsitektur modern. Tempat-tempat suci ini terutama dikunjungi oleh para peziarah selama peringatan hari jadi Candi Piodalan. Gunung Kawi juga masuk dalam itinerary ke-44 Presiden Obama saat ia dan keluarganya berlibur ke Bali pada akhir Juni 2017.

Sejarah Gunung Kawi

Candi-candi Gunung Kawi di Indonesia dikembangkan pada abad ke-11 (1080 M) oleh Lord Anak Wungsu sebagai penghargaan untuk ayahnya, penguasa Bali yang tak tertandingi, Udayana. Bertentangan dengan apa yang diyakini secara umum, candi bukanlah kuburan karena tidak pernah berisi sisa-sisa manusia atau terak. Bagaimanapun, Candi Candi Gunung Kawi masih diselimuti misteri tentang alasan yang sebenarnya dan sadar. Sangat menggoda untuk menerima bahwa pada saat perkembangannya struktur ini dimaksudkan untuk tujuan dunia lain yang murni, dan bukan kebiasaan Hindu saat ini, yang sebagian besar dilakukan untuk fungsi itu sendiri dan citranya yang kaya, misalnya sebagian besar diterjemahkan secara jujur daripada maknanya yang sebenarnya dan dalam untuk ditelusuri kembali.

Area dan lokasi gunung

Gunung Kawi di Ubud terletak di daerah Tampaksiring Bali, yaitu sekitar 20km timur laut Ubud. Candi ini hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari TirtaEmpul. Jika Anda cukup sehat secara fisik, Anda dapat mengunjungi keduanya. Untuk sampai ke tempat suci dan tempat ibadah, Anda harus menabrak 371 tebing batu yang akan membawa Anda ke Sungai Pakerisan melalui pemandangan sawa (sawah) Bali yang indah. Empat situs suci berada di sisi barat jalur air, lima di sisi timur. Kesepuluh ada di selatan.

6 Objek Wisata Terbaik Dekat Gunung Kawi

Saat berwisata di tanah Bali yang indah ini, jangan lupa untuk mengunjungi berbagai tempat di dekat gunung yang megah ini. Gulir ke bawah untuk melihat apa yang tersedia untuk Anda!

1. Hutan Monyet

Tempat wisata ini juga disebut dengan “Suaka Margasatwa Hutan Monyet”. Tempat suci ini terbuka untuk pengunjung mulai pukul 08:30 hingga 18:00. Hutan monyet terletak di desa Padangtegal. Hutan dengan memiliki kepentingan ekonomi, spiritual dan pendidikan bagi desa tersebut. Hutan ini adalah rumah bagi lebih dari 700 monyet dan 186 spesies pohon. Seperti namanya, ini adalah tempat yang sangat bagus.

Lokasi: Hutan Monyet, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

2. Gunung Kawi Sebatu

Salah satu objek wisata terbaik satu ini hanya setengah jam dari Ubud,  ‘Gunung Kawi Sebatu’, sebuah pura Hindu yang menawan. Kuil ini diletakkan di sekitar serangkaian kolam dan kolam. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai karena lingkungan yang damai dan tenang. Jalan menuju candi dari sisi barat menawarkan pemandangan kompleks candi yang menakjubkan. Sebagian besar pengunjung hanya mengagumi pemandangan ini daripada mengagumi kuil. Gunung Kawi Sebatu didedikasikan untuk Dewa Wisnu Hindu dan umumnya digunakan oleh masyarakat adat untuk ritual keagamaan.

Lokasi: Sebatu, Tegallalang, Gianyar, Bali, Indonesia

3. Air Terjun Tegenungan

Jika cuaca sedang panas dan lembap di Ubud, Anda bisa menuju objek wisata Air Terjun Tegenungan yang hanya berjarak 10 menit ke arah selatan Ubud. Air terjun ini berada di lembah kecil. Anda dapat berenang di kolam di dasar air terjun dan mendaki melalui ngarai. Air terjun ini dikelilingi oleh tanaman hijau yang lebat dan volume air di air terjun sangat mengesankan sepanjang tahun. Jumlah air meningkat selama musim hujan, dari Oktober hingga April. Tidak disarankan untuk pergi ke air terjun saat hujan deras karena ada risiko banjir bandang.

Lokasi: Jalan Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Kemenuh, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia
Waktu: 06:30 hingga 18:30

4. Pameran perhiasan John Hardy

Seperti yang kita ketahui bersama, ‘John Hardy’ adalah brand perhiasan multinasional ternama yang berbasis di Bali. Indonesia. Lokakarya utama dan galeri pameran mereka hanya beberapa kilometer dari Ubud. Anda dapat melihat perhiasan diukir dari awal hingga desain akhirnya. Kunjungi Lokakarya dan Butik John Hardy Ubud dan saksikan para seniman dan desainer membuat perhiasan buatan tangan yang indah. Butik ini terbuat dari bambu berbentuk lambung kapal dan tingginya 90 kaki. Jika dipesan terlebih dahulu, nikmati makan malam keluarga yang disiapkan dengan cara tradisional Bali bersama desainer dan tim manajemen John Hardy.

Lokasi: Mambal, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia
Waktu: 8:00 pagi hingga 5:00 sore

5. Gua Gajah

Ini adalah sebuah pura di sebuah desa kecil bernama Bedulu di luar Ubud. Hanya 10 menit berkendara dari pusat kota Ubud. Goa Gajah berarti “gua gajah”. Ini adalah kuil yang sangat besar. Dibutuhkan hampir satu jam untuk mengelilingi seluruh candi. Anda akan memasuki kuil melalui mulut berongga setan. Di dalam candi Anda akan menemukan peninggalan yang tidak lengkap dari lingam (representasi simbolis dari dewa Hindu Dewa Siwa) dan padanan perempuannya, yoni. Ada juga patung putra Dewa Siwa, Dewa Ganesha.

Lokasi: Goa Gajah Raya, Ubud, Bali, Indonesia
Waktu: 07:30 sampai 19:00

Sudah merencanakan liburan tapi bingung mau kemana? Kisah perjalanan ini akan membantu Anda menemukan perjalanan terbaik Anda!
Kisah perjalanan nyata. Tetap nyata. Kiat praktis untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat.

6. The Zen Hideaway

The Zen Hideaway terletak di sebuah desa bernama Bongkasa. Ayunan Zen Hideaway tepat berada di atas hutan palem yang lebat. Untuk memesan ayunan, Anda harus bertanya terlebih dahulu dan anda nanti akan disajikan pilihan tanggal yang tersedia. Sesi ayunan hanya berlangsung 30 menit, terlepas dari jumlah orang dalam grup anda, jadi bagilah waktu agar semua orang mendapat kesempatan.

Lokasi: Bongkasa Pertiwi, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia

Bagaimana menuju ke gunung?

Gunung Kawi terletak di dekat kota Tampaksiring. Tempat kudus ini berjarak 30 menit berkendara dari Ubud ke arah timur laut kota. Ada dua jalur menuju Gunung Kawi. Pintu masuk utama ke situs ini berada di sepanjang jalan utama yang melintasi pusat kota Tampaksiring. Jalur menuju Gunung Kawi agak jauh dari jalan utama. Anda harus membayar biaya parkir saat memasuki tempat parkir dan biaya tambahan sebesar Rp 15.000 untuk setiap orang dewasa yang memasuki tempat suci. Anda akan diberikan sorong putih untuk dikenakan di lorong kuil.

Mengasyikan bukan? Nah, untuk menjelajah lebih jauh di negara kuno dengan pemandangan indah ini, jangan lewatkan keseruan yang menanti Anda di sini! Rencanakan Perjalanan ke Bali untuk pengalaman luar biasa di liburan Anda, yuk Berkemas!